Desember 29, 2009

Renungan Di Penghujung Tahun


Tak terasa sudah, hampir satu tahun lamanya kita mengarungi tahun 2009 ini. Banyak kejadian dan peristiwa yang kemungkinan terjadi mengiringi perjalanan hidup di tahun ini. Senang, sedih, suka dan duka cita mewarnai kehidupan. Ada yang mendapat keberuntungan dan kesuksesan serta banyak pula yang mendapat kemalangan dan kegagalan. Selama bumi ini masih berputar pada porosnya, kehidupan ini pun akan terus berputar mengikuti alurnya. Hendaknya kita juga sebagai manusia pun dapat mengambil landasan masa lalu untuk menjadi pijakan di masa yang akan datang dalam mengarungi kehidupan.
Apa yang sudah kita lakukan sepanjang tahun ini?, apa saja yang telah kita dapat di tahun ini?. Kedua pertanyaan tersebut adalah hal biasa yang selalu kita renungkan untuk menjadi refleksi kehidupan di tahun selanjutnya.
Sobat, kalau Anda ingin melakukan renungan di penghujung tahun ini, saya anjurkan untuk merenungkan satu hal saja: ”Seberapa besar tingkat kepedulian sobat kepada sesama?” Dari skala 1 (sangat buruk) sampai dengan 5 (sangat baik), dimanakah posisi sobat? Jawabannya tak perlu  dikemukakan, tapi cukup disimpan untuk diri sobat sendiri.
Mengapa saya menganjurkan sobat melakukan hal ini? Ini tak lain untuk kepentingan sobat sendiri. Selama  sobat masih berkutat dengan diri sendiri, selama itu pula jiwa tak akan pernah tumbuh. Kita hanya akan mengalami transformasi yang luar biasa begitu kita mulai memikirkan orang lain. Seorang pengarang, besar Joseph Campbell, mengatakan, ”Pada saat kita berhenti berpikir tentang diri kita sendiri, kita sebenarnya tengah mengalami perubahan hati nurani yang sungguh heroik.”

Hal ini mudah diucapkan tetapi amat sulit dilakukan. Para politisi kita amat royal melontarkan kata-kata ”demi kepentingan rakyat.” Seorang pejabat yang mengaku paling dekat dengan wong cilik kenyataannya malah menyakiti hati rakyat dengan tanpa malu-malu menghadiahkan dirinya sendiri rumah senilai 20 miliar. Para politisi lain juga tanpa malu -malu berlomba-lomba meluncurkan buku biografi politik yang dipenuhi kata-kata ”demi kepentingan rakyat.” Buku-buku biografi semacam ini sebenarnya merupakan ”pelecehan intelektual” belaka. Kenyataannya, amat sulit bagi kita menemukan kontribusi mereka bagi orang banyak.

Memikirkan orang lain memang sangat sulit dilakukan, apalagi di zaman sekarang. Setiap hari kita disibukkan dengan pekerjaan yang tak habis-habisnya. Namun sekadar memperhatikan diri sendiri akan menghasilkan kesulitan yang cukup serius dalam jangka panjang. Sobat akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan spiritual. Banyak orang yang beranggapan bahwa hal ini adalah kewajiban. Mereka salah besar! Memperhatikan orang lain adalah kebutuhan untuk menikmati hidup yang penuh makna. Memperhatikan orang lain adalah cara terbaik untuk mencapai hakikat kemanusiaan yang sejati.

Seorang filsuf terkemuka pernah mengatakan, ”Manusia dilahirkan dalam kondisi telanjang, dan ketika meninggal ia dibungkus kain kafan. Apakah hanya itu keuntungan yang ia dapatkan sepanjang hidupnya?” Sayangnya dunia kita sekarang telah begitu materialistisnya, sehingga banyak orang beranggapan bahwa perhatian tersebut bisa digantikan dengan uang. Padahal walaupun uang memang penting, ia tak akan pernah dapat menggantikan perhatian, pengertian, kehadiran dan kasih sayang.

Betapa banyak contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan kita sehari-hari. Banyak anak yang tumbuh tanpa perhatian yang semestinya dari orang tua mereka. Banyak orang tua yang berdalih bahwa quality time jauh lebih penting ketimbang quantity time. Padahal, kasih sayang dan pengertian hanya akan terbina melalui proses yang perlahan-lahan dan membutuhkan banyak waktu. Betapa banyak para profesional yang cukup puas dengan memberikan sejumlah uang kepada orang tua mereka tanpa pernah mau tahu mengenai keadaan mereka yang sesungguhnya. Orang-orang seperti ini telah salah kaprah dalam memahami hidup seolah-olah segala sesuatunya bisa dibeli dengan uang.

Mudah-mudahan saya sendiri dan sobat sekalian dapat memahami arti renungan dalam sebuah refleksi di penghujung tahun. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi landasan untuk berpijak bagi kita semua ditahun-tahun mendatang untuk menjadi lebih baik lagi. Tak lupa saya sebagai pengelola blog ini mengucapkan " Selamat Tahun Baru 2010 bagi semua sobat pembaca dimanapun berada "

Reaksi:

31 komentar:

yup bener banget. ayo merenung. menilai diri kita sendiri. apa sih yang kurang tahun 2009. apa saja yang belom mampu dicapai...
semoga tahun 2010 kita bisa jadi manusia yang jauh lebih baik dibanding tahun 2009. semoga nilai kita meningkat yaa

amiiiiiin

salam sobat
iya mas MOER,,kita renungkan apa yang sudah dilakukan selama awal tahun sampai di pebnghujung tahun ini,,semoga ditahun baru nanti,,segalanya akan lebih baik.
trims sharingnya mas,,

@ Elsa : amiennn...sobat Elsa, makasih :)
@ mbak Nura : trims mbak, amiennn

yups, setuju mas. mari kita rnungkan perjalanan dalam 1 tahun belakangan ini, semoga tahun depan kita jadi lebih baik.amin..

semoga tahun2 yang lalu dosa2 saya diampuni oleh allah swt, dan tahun ini moga2 cita2 saya dikabulkan olehnya (amin)

@ Sifa : amien sobat Sifa, thanks ya..
@ Moenas : sy tahu keinginanmu apa, pasti pengen pasang janur kuning ya...hehee..., moga terlaksana sobat, amieennn....

:D akhirnya posting baru juga yaa Moer .. smoga tambah sukses di tahun 2010

saya kemukakan saja disini, nilai kepedulian saya dg skala 5 adalah 5, hehehhehe....namanya jg manusia mas, ibu tiri pun klo ditanya ya jawabnya "aku peduli dg sesama, cm anak tiri saya bandel dan biar dikasih pelajaran, makanya saya gorok lehernya" hehehhehhe... yg paling penting renungan dan perbandingan serta tepo seliro alias tepak ngawak ya klo orang banyumas bilang alias coba klo diri kita yg digituin, pasti kita gak mau!

Selamat tahun baru juga Mas ^^
pastinya aku bakal banyak merenung di malam tahun baru nanti
karna di 2009 banyak sekali problematika yg terjadi ma aku
n hope di 2010 smua bisa membaik ^_^

@ Andi : thanks bro, sukses juga buat ente ya...
@ mas Aryo : bener & setuju mas, maksih ya...
@ Ria : makasih ya, mudah2an di tahun depan semua problematikanya dapat teratasi & makin sukses ya...

memang bener kag, setuju...
kita harus merenung untuk yg telah lalu,,...
dan berpikir, kita harus lebih baik dari tahun kmaren hihihi...

Selamat tahun baru 2010 kag...

tetep yah kag yah...!!!
Dukung dengan Vote ina DISINI yah.
Dukungan kalian sangat berarti buat ina... thanks before :)

Mau tau Asyiknya Menulis di Blog???
Ina ada tipsnya, baca DISINI

memang bener tahun ini banyak banget muncul buku biografi dari para politukus yang gak jelas apa maksudnya nerbitin tuh buku. Syukurlah gak ada yang jadi best seller hehe..

Yang pasti saat pergantian tahun nanti sebaiknya tak diisi dengan hura2 yang gak penting. Yup ada baiknya merenung..

@ Ina : makasih ya sob, sy akan terus dukung kamu....
@ mbak Nita : maksudnya dah jelas mbak, cari popularitas sesaat, tp efeknya itulah yg bikin ruwet...hehee, makasih ya mbak moga makin sukses di tahun depan :)

OKE MAS MOER...MARI KITA RENUNGKAN APA YANG TELAH KITA JALANI, EVALUASI DIRI MEMANG PENTING UNTUK SELALU DILAKUKAN, DEMI PERBAIKAN MASA DEPAN.

MET MENYONGSONG TAHUH BARU YAH, SEMOGA APA YANG BELUM KESAMPEAN DI TAHUN-TAHUN KEAMRIN AKAN SEGERA TERCAPAI DI TAHUN BARU INI, SEHINGGA KITA BISA TERUS MENGEMBANGKAN IMPIAN BARU AGAR HIDUP KITA LEBIH DINAMIS DAN MAJU!

HAPPY HOLIDAYS AND NEW YEAR!

semoaga tahun 2010 bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
sukses selalu.
dan mensyukuri apa yang telah dicapai tahun ini..

nggak harus hura-hura kan...ya ngrayainnya. setuju.

@ Pelangi Anak : maksih sobat, semoga sobat juga makin sukses di tahun yg akan datang .... amiennn..
@ Lina : Setuju sekali sobat, makasih ya...

berharap semoga tahun depan bakal lebih baik lagi ya mas :(

kurangion dosa
tambahin pahala

@ mas Doyok : amieennn mas, semoga mas Doyok juga tambah sukses ya, suwun.....

semoga tahun 2010 segalanya jadi lebih baik dari tahun 2009..

dan semoga blog sobat blogger semua di tahun 2010 menjadi lebih sukses , AMIEN ^^

salam blooger !

@ Local Download : amieenn bro, makasih....

memeikirkan hal yang terjadi disekeliling kita atau kepedulian sosial sekarang ini memang sudah sangat berkurang, karena kita selalu mimikirkan ego sendiri semoga di masa yang akan datang kita dapat lebih meningkatkan kepedulian sosial kita terutama diri saya sendiri....

selamat tahun baru...

sari sobat baru

rizal

@ Si Gaptek : met tahun baru juga sobat, Makasih...
@ Rizal : bener sob, thanks & salam kenal juga dari saya :)

Itulah yang membuat ku sedih dengan tahun baru...kadang ku sendiri gak sanggup untuk meninggalkan tahun yang lalu...begitu banyak kenangan

Merenungkan semua hal yang pernah di lakukan...hiks...hiks...hikss...

Koq jadi sedih sie,,,

semoga tahun depan lebih baek..
semangat baru..
Postingan harus lebih baik di tahun 2009..

Gus Ikhwan juga bakal,merubah tampilannya baik isi, template, dan lain2...
Pokoknya itu KEJUTAN di awal tahun 2010...
Semoga di TAHUN 2010 ada 1 juta blogger INDONESIA

AMIN...

CATATAN di LOG GUS IKHWAN :

Aktif ngebLOg : 6 OKTOBER 2009
Total POST : 100 postingan
Total Koment : 1841 sampai jam 5 sore..

Teruslah berkarya saudaraku...
Gus Ikhwan mengucapkna HAPPY NEW YEAR

dengan banyak merenung jd tmbh arif gan

semoga makin baik aja dh kedepannya..amin

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
apapun yang bisa kita lakukan lakukanlah sekarang .,.
jangan buang waktu kamu sia2.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

renungan membaewa kedamaian dalam hidup..